30.12.11

telaah sejarah mengapa 25 desember yang "diperingati" sebagai Natal? - original script by Liturgi book of GKI 2011

Sering di beberapa media opini dan elektronik tertulis komentar komentar mempertanyakan mengapa umat nasrani memilih secara tetap tanggal 25 desember sebagai hari natal ? padahal jika dibandingkan dengan beberapa kepercayaan lain untuk memperingati sebuah kejadian maka perlu dihitung secara akurat dan biasanya menggunakan tata astronomi yang berubah-ubah setiap tahunnya sehingga jatuhnya tanggal perayaan itu juga akan berubah ubah setiap tahun.. 
http://merryandbrightblog.blogspot.com/2010/11/christmas-history-jesus-birth.html
kata kuncinya adalah peringatan..." mengingat" dimana inti dari mengingat bukanlah semata mata tanggal tapi apa yang hendak kita ingat dan ingin kita simpan di dalam hati kita dalam menghadapi masa depan,  sebuah kejadian "anugerah"yang terjadi ribuan  tahun yang lalu, berikut beberapa cerita sejarah latar belakang dari pemilihan tanggal 25 desember ini ..

sebelum kita langsung masuk ke mengapa dipilih tanggal 25 desember , ada baiknya kita melihat sejenak seting waktu dan tempat yang melatarbelakangi kisah natal ini , bagi umat yang membaca injil dalam Alkitab , tertulis " ..pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, mendaftarkan semua orang diseluruh dunia, inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria, maka pergilah semua orang mendaftarkan diri , masing masing ke kotanya sendiri. Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daus yang bernama Betlehem .... " " Ketika mereka tiba disitu tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin... " ( Injil Lukas kutipan pasal 2 ayat 1~7 )


*Nazareth : kota kecil di Palestina Utara , * wali negeri siria : dibawah kuasa konsul roma

Ilustrasi Kota Nazareth karya dari Adrien Egron tahun 1837
 *Mereka  kemudian berjalan dari nazaret ke desa betlehem karena berdasarkan aturan dari Roma , setiap orang harus disensus di tempat komunitas keluarga silsilah mereka *Desa Betlehem dalam sejarah yahudi adalah tempat  Raja Daud dilahirkan dan dibesarkan sebelum menjadi dewasa dan mendirikan Kota Yerusalem yang juga tidak jauh dari betlehem.


betlehem at 1924 when photography technique are available
cukup sejenak mengenai seting tempat dan waktu pada masa kelahiran Yesus, mari kita melompat sejenak kepada masa dimana setelah masa masa penganiayaan umat nasrani sampai pada akhirnya kekristenan dapat masuk ke Roma.

Jadi Perayaan natal yang pertama kali di rayakan di Roma sekitar 336-350 M, sebelum dipilih menjadi hari natal oleh konstantin, ternyata tanggal 25 desember sebelumnya adalah  hari perayaan datangnya dewa matahari , namun sejak kekristenan mulai diterima di roma maka oleh kaisar konstantin yang berkuasa pada masa itu menginginkan agar budaya  dewa dewa itu tidak dilakukan lagi dan dipilihlah suatu hari untuk memperingati hal yang lain  yaitu hari ceremonial mengingat kedatangan sang terang dunia , harapan bagi dunia yaitu Yesus Kristus, sehingga dari situlah 25 desember mulai dikenal sebagai hari natal dan tradisi tradisi seputar natal pun bermunculan.

Pada saat munculnya gerakan reformasi yang mengingatkan gereja katolik purba untuk mengintropeksi diri melalui lahirnya gereja protestan, maka sejarah pemilihan hari natal 25 desember inipun mulai di pertanyakan kembali, karena dipilih tanggal yang dulunya adalah hari perayaan tahun matahari, namun yang menjadi Iman Umat Nasrani baik katolik maupun kristen protestan bukanlah tanggal nya.. tapi makna kedatangan sang juru slamat sebagai " terang " yang menerangi dunia menggantikan keyakinan keyakinan dewa dewi matahari ... itu yang menjadi latar belakang historis.. dan itu adalah suatu momen perubahan sikap hati dari mempercayakan hidup kepada dewa matahari kemudian berganti kepada Iman kepada Allah yag maha kasih melalui Yesus yang nantinya mati dan bangkit untuk menebus dosa umat manusia yang diperingati dalam momen PASKAH
( artikel  paskah boleh disimak pada halaman ini :  Knowldeger80 - Paskah )

illustration by bible baptist church
 Natal bukan hanya perayaan satu hari ( Adven - Natal - Epifani )
Sebelum puncaknya yaitu perayaan natal, kalender gerejawi mempunyai satu masa perayaan yang ditandai dengan Masa Adven, masa ini dimulai pada hari minggu terdekat dengan tanggal 30 November, Inilah yang disebut sebagai hari pertama adven. kemudian tiap minggu kemudian disebut sebagai masa Adven I s/d IV masa 4 minggu ini adalah masa kita mempersiapkan hati dalam menyambut natal, Kata Adven berasal dari kata "DATANG' mengacu bukan hanya pada kedatangan Yesus dalam peringatan Natal 2000 tahun yang lalu , Namun juga memperingati akan datangnya Yesus kembali kelak.

Selama masa adven, empat buah lilin yang masing masing melambangkan hari Minggu dalam masa adven diletakkan dalam satu rangkaian, pada hari minggu pertama diharapkan keluarga merayakan Adven dengan merayakan satu lilin dan berdoa bersama, hari Minggu Adven ke II kembali lilin yang kedua dinyalakan dan mereka kembali berdoa, begitulah seterusnya yang diharapkan sampai pada akhirnya pada Minggu Malam Natal maka sebuah Lilin besar yang melambangkan Yesus ditambahkan pada lingkaran rangkaian itu dan dinyalakan pada kebaktian malam natal.

SELAMAT NATAL

 reference: 
1. Alkitab Bahasa Indonesia, Injil Lukas . Lembaga Alkitab Indonesia , 1984
2. Buku Liturgi Masa Raya Natal 2011 -gki ptrg smrg
3. Yesus , ditulis oleh Leith Anderson , penerbit Gloria Graffa, Yogyakarta 2008
4. http://merryandbrightblog.blogspot.com/2010/11/christmas-history-jesus-birth.html
5.  http://www.allaboutjesuschrist.org/
6. http://en.wikipedia.org/wiki/Christmas

Tidak ada komentar: