5.9.10

Merakit komputer AMD bagus dengan budget terbatas part 1

terlihat 6 power phase motherboard ( kubus hitam)

FOR AMD USER ( SPECIAL EDITION AMD X3 440 )
Sebenarnya sharing pertama dalam membuat blog ini adalah bagaimana membagikan sedikit pengalaman di bidang per komputeran yang sebenarnya beda dengan obyek utama ilmu saya :) , namun tetap banyak bermanfaat dalam mendukung kegiatan sehari-hari , yaitu adanya komputer di rumah yang bisa sigunakan untuk banyak hal kreatif dan hope bisa makin mengakrabkan antar anggota keluarga, misal buat nonton film bersama dengan kualitas gambar dan suara yang tidak kalah dengan bioskop :) , atau untuk main game sepakbola PES 2010 maupun Street Fighter bersama adik-adik sampai ketawa terbahak-bahak atau sekedar untuk membuat    blog :) :)    ,  ok langsung aja ya sharingnya..
ok seperti teman-teman tahu, komponen utama dari sebuah komputer ada banyak :) , jadi tidak saya sebut komponen utama lagi, tapi bagian-bagian komputer yang saling mendukung, masalahnya jika kita beli sebuah paket yang sudah jadi, kadang ada perbedaan harga yang signifikan, atau spesifikasi tiap komponen tidak seperti yang kita harapkan, misal ada yang disebut Procesor Tray ( yang garansinya 1 tahun ) beda dengan Procesor in a Box yang digaransi 3 tahun termasuk Kipas originalnya. Jadi tujuan utama selain mendapatkan harga yang terjangkau adalah juga mendapat kwalitas yang lumayan baik, memang kita tetap ingat slogan ada harga ada rupa --> yang bisa diartikan barang yang berkualitas memang harganya pasti lebih mahal. tapi ada barang atau komponen atau merk yang saya prefer sebagai "STANDART GOOD BRAND" yang saya nilai karena setelah beberapa kali memakai komponen tersebut maupun berapa lama dipakai tingkat masalahdan masa pakainya sesuai dengan yang saya harapkan : )  ... walau  inginnya bisa dipakai terus menerus tanpa pernah adanya penutunan kapasitas ( tapi ini tidaklah mungkin lho terutama untuk hardisk ) :)  wkwkwkwk :P

ok prinsip ELEKTRONIK dan TEKHNOLOGI adalah TERUS BERKEMBANG SETIAP WAKTU,
jadi apa yang kita rakit dan kita beli hari ini mungkin sudah ketinggalan jaman tahun depan, tapi tidak berarti bahwa tidak bisa digunakan, sebuah komputer yang dirakit sesuai dengan target penggunaannya, misal main game mainstream tapi kadang bisa dioverclock saat main game berat, dan sebuah layar LCD yag bagus untuk kegiatan multimedia dan kreatifitas saja kok bertahan sampai 3 bahkan 5 tahun. gimana maksudnya :)
maksudnya kita membeli tekhnologi yang masih bisa di upgrade namun harganya bersahabat .ok kita mulai
the future is fusion by AMD
 AMD X3 440 (triple core) komputer RAKITAN JULI 2010
--> sebuah processor dengan 3 core yang bisa dioverclock dengan sebuah motherboard yang tepat , bahkan bisa dijadikan 4 core :)
( memang pada saatnya nanti ingin bisa merakit sebuah INTEL , namun saat ini price:ratio yang masih sesuai budget adalah AMD, jadi sabar ya) 

Jadi bila membangun sebuah komputer dari baru kurang lebih butuh dana 5 juta rupiah (  sekitar US$ 555 Dollar )untuk merakit semua komponen komputer tersebut, namun beda dengan komputer seharga 3.499.999  yang biasa diiklankan saat pameran, yang biasanya tidak mencantumkan secara detail apakah procesor AMD nya tray atau box, seringkali jguga HARDISK refurbished, Casing standart dan PSUkurang berkualitas dan banyak hal lain yang kurang memuaskan seperti MEmory yang digunakan., jarang juga  ada paket Komputer yang menyertakan Stabilizer MOTOR dan parahnya kadang saat kita beli di pameran, garansi yang berlaku untuk tiap komponen adalah garansi toko, Kotak/Kardus masing-masing komponen beserta segel dan cap garansi tidak dibuat dengan alasan terlalu ramai di pameran, jadi tetaplah kritis kawan.


Ada beberapa komponen yang harganya lebih mahal beberapa puluh ribu namun dengan ketahanan yang lebih, misal SOLID KAPASITOR , misal kemarin saya melihat ada merk D**IT**
AL**AN*E dengan tipe ATI 4670 512DDR4 sonic ternyata banyak komponen yang cuma kapasitor biasa, tidak ada salahnya bila kita lihat penjualnya tidak terlalu repot kita minta diperlihatkan isi VGA CARD tersebut, lihat kapasitor yang digunakan ( ada kapasitor biasa dan solid kapasitor)

contoh SOLID KAPASITOR





Kapasitor Solid mempunyai kelebihan antara lain efisiensi energi yang lebih baik ( sehingga daya lebih hemat ), masa waktu pakai yang lebih lama, daya tahan terhadap perubahan suhu ( panas-dingin )yang baik.
kemudian juga ada Kapsitor non solid yang mempunyai banyak kelas dan juga ada Kipas yang juga mempunyai beberapa kualitas, intnya adalah jagan segan melihat langsung barang dan bertanya, cocokkkan dengan pengetahuan yang anda punya untuk mengecek kejujuran penjual. misal mereka mengatakan bahwa kapasitor tidak memberikan efek pada umur komponen maka hal itu perlu ditanda tanyai :)

Sebenarnya kita tidak perlu mengoverclock sebuah komputer bila kita bukan HARDCORE gamer, artinya masih bisa kok dengan menggynakan komputer dengan spesifikasi diatas untuk main The SIMS 3 , Call of Duty Modern War 2 , PES 2010 , DIRT 2 dengan setingan medium yang kualitasnya tetap bagus ditampilkan di Layar LCD kita, adanya kapasitor berkualitas membuat kita berani overclock, tapi ingat kemampuan PSU ( power supply yang terbatas ) , cara termudah untuk melihat kestabilan PSU adalah selain kita sudah memilih PSU yang berkualitas , juga melihat tegangan 12V rail , yang mengerti elektronik akan akan menggunakan alat seperti Voltage meter, namun dengan program EVEREST juga bisa dilakukan, silahkan download everest dengan link berikut : http://download.cnet.com/Everest-Ultimate-Edition/3000-2086_4-10499291.html 
dimana dlam program itu bisa diklik bagian sensor tegangan, sebaiknya 12Volt rail menunjukkan angka yang cukup stabil ( atau tidak banyak berubah saat Load maupun idle ) variasi 11.80 s/d 12.20 masih aman, tapi memang pemeriksaan kestabilan tegangan melalui software kurang seakurat bila secara hardware.

Pada akhirnya memang BIOS di motherboard yang akan kita modifikasi sesuai kebutuhan, misal untuk mengaktifkan procesor ke 4 dari X3 440 bisa dipilih mode unlock processor : automatic detection,
tapi ingat tidak semua procesor bisa diunlock karena ada alasan kenapa procesor tersebut mendiasble salah astu corenya dan dijual lebih murah, kadang procesor yg ditutup memnag cacat atau TDP ( Termal Design Power ) tidak sesuai dengan harapan. ok berikut saya tampilkan info motherboard JETWAY 760GSM yang saya banggakan karena harganya yang bersahabat, solid kapasitor di dekat Phase power yang sudah 4+1 sehingga mendukung processor 95 watt TDP dan juga kemampuan mengenali dua memory DDR2 & DDR3
( eh saya tidak disponsori oleh Jetway ya, ini motherboard dibeli sendiri untuk mempertahankan independensi dalam pengetesan  wkwkwkk , macam majalah handphone PULSA di Indonesia  ya nulisnya :)

Motherboard Jetway AM3 760gsm DDR2&3 ( lihat warna biru muda untuk DDR 2 )

Jadi menggunakan spesifikasi diatas khusus untuk saya tidak sampai menghabiskan dana 2,5 Juta ( US$ 270dollar ) karena komponen baru yang saya beli cuma Procesor, Motherboard, Casing, , karena sebenarnya saya upgrade dari komputer lama saya AMD X2 4000, motherboard lama saya BIOSTAR Geforce6100 AM2  tentu ada vga onboard sehingga VGA lama saya yaitu MSI 4670 all solid capacitor bisa dipindahkan ke komputer baru, juga memory patriot 2GB saya pindahkan ke komputer baru, sedangkan komputer lama cukup dengan 2x512MB PROMOS DDR2 seharga 170ribu dan lancar kok.
Komputer yang lama sekarang dipakai adik untuk mengetik dan kadang menonton film DVD dan berjalan baik bahkan lebih hemat energi karena VGA discrete sudah dilepas. ok selamat mencoba merakit komputer dan bila kwalitasnya bagus maka awet sehingga kelak 2 tahun kedepan bisa membangun komputer baru dengan biaya lebih murah sedangkan komponen lama masih bisa dipakai bahkan mungkin bermanfaat untuk keluarga/teman yang membutuhkan komputer untuk kegiatan sehari-hari mereka ( tidak perlu yang kencang)

salam AMD dan ATI untuk semua pecinta setia tehnologi mainstream dengan harga terjangkau ini.



4 komentar:

Knowledger80 mengatakan...

Terimakasih atas kunjungannya dan telah membaca artikel ini, maaf bila terlalu teknis atau justru terlalu awam, bila ada yg punya pengalaman tentang AMD atau ada saran silahkan meninggalkan komentar dan mohon tidak anonym agar bisa kenal:)

"om rame" mengatakan...

saya justru masih awam banget Pak dibidang komputerisasi, nyimak tuLisan di atas cuma bisa manggut2 sambiL puyeng. hehehe...

Anonim mengatakan...

selamat siang bang... salam kenal dari saya.... saya blum paham masalah komputer...hehehehe.... saya beli komputer paketan speknya amd, motherboard gigabite, ddr3 2gb,dll. permasalahannya kok motherboardnya ga ada soket buat ke print ya bang... bisa titambahin ga bang...? soketnya????

Knowledger80 mengatakan...

trimakasih buat kunjungannya.socket buat print ? mm mungkin jenis printernya masih pakai SERIAL dan PARALEL ya , karena Printer sekarang kan semuanya sudah USB . kalau mencari PCI card tambahan nuntuk socket Parallel dan Serial mungkin agak sulit dijaman sekarang, tapi coba berburu PARALLEL ADAPTER CARD di toko toko komputer bekas. contoh bentuknya coba buka di link http://www.newegg.com/Product/Product.aspx?Item=N82E16815158005 tapi dicocokkan dulu ya , printernya pakai kabel paralel arau serial?